Selasa, 20 Desember 2016


        Sebelum memulai semua pelajaran bahasa mandarin kali ini, saya ingin menekankan bahwa saya bukan lah seorang guru mandarin. Semua yang saya berikan kepada teman-teman semua berdasarkan kemampuan dan keahlian saya, pengalaman dan keberanianlah yang menuntut sya untuk berbagi ilmu yang sedikit saya miliki. Untuk itu kritik dan saran nya saya terima dengan besar hati. Mari belajar bersama
Selamat belajar.
1.     Kata ganti
Kata ganti atau subjek sangat penting untuk kita ketahui. Berikut contoh subjek dalam bahasa mandarin.
·        Saya : wo
·        Kita : wo men
·        Kamu: ni
·        Dia: ta
·        Mereka:ta men他们
·        Kalian: ni men你们
·        Anda : nin ( anda; dalam situasi formal )




di yi ke ( pelajaran 1 )
shiadalah
 kata shi digunakan untuk membuat kalimat positif. Untuk membuat saya lebih mudah mempelajari bahasa mandarin, saya mengingat bahwa kata shi digunakan untuk pembentukan kalimat positif atau kalimat pernyataan maupun pertanyaan.


Cara membaca :
1.    Shi dibaca she ( bukan she dalam bahasa Inggris )


 Contohnya:
1.     Saya adalah orang Indonesia (Wo shi yÌnnÍ rÉn) = 我是印尼人
2.     Kamu adalah orang tionghoa (Ni shi zhongguo ren) = 你是中国人
3.     kami adalah orang Inggris (Wo men shi yingguo ren) = 我们是英国人
4.     dia adalah seorang guru ( ta shÌ laoshi ) = 他是老师
mudah bukan, cobalah membuat contoh kalimat seperti ini sendiri.di postingan selanjutnya akan saya jelaskan tentang kalimat negatif dan infinitif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar